Indonesia: Ultimate in Diversity

kepikiran dengan tidak masuknya Candi Borobudur di 7 keajaiban dunia hasil pemilihan new7wonders.com yang gw post beberapa hari yang lalu. Yeah, I know it’s not really a big deal. tapi sempet mikir aja sih.

kenapa ya?

apa emang pariwisata Indonesia gak segitu menariknya lagi? Ato mungkin Borobudur gak segitu qualified lagi untuk dikategorikan dalam 7 Keajaiban Dunia?

jadi keinget temen SMA yang beberapa minggu lalu dateng ke Indonesia. Dia kuliah di Jerman dan lagi liburan dan balik ke Indonesia.

(waktu itu di Pizza Hut BIP bersama Dwipa, Mya, dan Chandra)

Chandra: “eh.. orang Jerman tuh gak tau Indonesia lho.. Masa mereka bilang Indonesia tuh negara bagiannya Malaysia.

Jubel: “HAH?????!” (sedikit terperanjat karena waktu itu lagi heboh kasus wasit Indonesia yang mampus ama polisi Malaysia DITAMBAH gara-gara METRO TV lagi super heboh memberitakan kasus tersebut seakan-akan harga diri Indonesia dah super rendah bgt gara-gara kejadian itu)

*duh METROTV berlebihan juga sih.

Chandra: “Malu banget gua bel.. Belum lagi yang lebih tau Bali daripada Indonesia.. Tapi itu dah biasa lah ya.. Tapi ini dikira negara bagian Malaysia dongg..”

Jubel: (damn it)

Dan tadi pagi gw ngeliat koran-koran berserakan di rumah (berhubung rumah lagi direnovasi). Banyak koran KOMPAS yang di dalemnya ada berbagai iklan-iklan pariwisata negara-negara tetangga berikut tagline-tagline nya yang amat simpel dan disertai DESIGN yang amat menarik, warna-warni, modern, dan eye-catching.

Here is Singapore, degan tagline nya yang sudah amat membumi di telinga kita, mulai dari media cetak ampe media elektronik dengan iklan ibu-ibu dan cewe-cewe yang heboh shopping di Orchard Road. Belum lagi kalo kita ngeliat bejibunnya iklan-iklan properti dan apartemen yang berlokasi di Singapore yang iklannya ampe ada di KOMPAS Indonesia. uniquely Singapore. And take a look at the picture on the right. They even have their branding campaign in their own country.

Uniquely Singapore

Visit Malaysia! Dan ini dia negara tetangga kita Malaysia yang pernah heboh dengan Indonesia karena kasus wasit yang bonyok-babak-belur dimampusin ama Polisi Malaysia, juga kasus perebutan blok Ambalat, pulau Sipadan dan Ligitan, dan juga kampanye Ganyang Malaysia di jaman Soekarno dulu.. Aduh.. sodara tuh emang sering berantem ya… Malaysia: Truly Asia (Asia Sebenar-benarnya). Walopun gua gatel banget ngedenger tuh tagline (alias sirik), tapi mereka kayanya emang Asia sebenar-benarnya. Cina? Banyak! Melayu? Apalagi. India? Dalah-dalah. Sempet keinget iklan Celebrating Nationhood nya Malaysia yang ada di stasiun TV Swasta Indonesia.. Ngeliat baju-baju adat mereka, alat-alat musik mereka, tarian-tarian daerah mereka.. Langsung terlintas di otak gw, “Those are ours!!” Hahahaha.. Yaa walopun gak gt juga sih.. Emang mirip kali ya.. Oiya, gw mual banget ama branding mereka akan singkatan kota Kuala Lumpur.. Jadi inget ama Miss Shalehah, Sales Manager yang jualan HYSYS dan PipeNET ke IKPT waktu gw magang di IKPT.. Dia bilang “Saye tinggal di Khei-El.. Saye tertarik sekalii belajar Bahase Indonesia.” Anway, this is something about Malaysia..

(Hoekkkkk.. I want to puke. Khei-El.. Khel-El.. Do you know Bi-El? Bi-Pi? Bi-Ei? It’s Bandar Lampung, Balikpapan, dan Banda Aceh. Mual ga lo?!!)

Malaysia: Truly AsiaMalaysia: Kuala Lumpur

Sekarang giliran Thailand yang amat terkenal dengan gadisnya yang cantik-cantik juga dengan bencong-bencongnya yang super cantik bahkan mengalahkan kecantikan wanita tulen. Hehehe.. Ini dia Thailand dengan taglinenya Amazing Thailand. Mereka juga branding tagline mereka di dalam negeri mereka sendiri. Yaaa… at least orang Thailand tuh bisa ‘ngeh’ tagline pariwisata mereka tu apa..

Amazing ThailandAmazing Thailand

Dan negara kita tercinta Indonesia, dengan taglinenya yang ternyata adalah Ultimate in Diversity. Ever heard of it? Nope? Me neither.

Ultimate in Diversity

Pernah liat di koran?? Pernah liat ada branding dalam negerinya gak? Pernah liat ada stasiun kereta ato airport yang ada tulisan Ultimate in Diversity nya gak?

TIDAK.

Logonya? Hehe.. gw menghargai designer nya kok.. :-D Tagline nya juga bagus walopun menurut gw pribadi terlalu chauvinistik. (Hahahaha..) Kenapa?? Ya kayanya terlalu menggembar-gemborkan kesatuan dalam keanekaragaman banget. Kaya lagi kampanye Persatuan Indonesia dan bukannya kampanye pariwisata.. Hehehe.. Yeah, tapi anyway lumayan lah. It’s a good start.

Soal design? Terlalu merah-putih. Hahaha.. Yeah, semoga bapak-bapak dan ibu-ibu di Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia dapat sadar suatu saat nanti.. Logo and tagline aren’t a big deal??

THOSE ARE SURELY A BIG DEAL, DUDE!

Tapi, apa sih yang lebih penting???

BRANDING CAMPAIGN NYA!!!! MANA??!!

Oke deh.. Semoga saat gw dah berduit nanti, gw bisa bikin restoran yang namanya..
Indonesia: Ultimate in Diversity Cafe and Resto.
At least gw mendukung pariwisata Indonesia. Hehehe.. :-D

PS. Buat bapak-bapak dan ibu-ibu di Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia, why don’t you consider these logos? Logo yang terinspirasi dari Kampanye Kenali Negerimu, Cintai Negerimu untuk Remaja Indonesia.. Kayanya oke juga buat kampanye internasional.

These logos are designed by kdri.web.id

Indonesia: Knew it. Love it.Indonesia: Kenali. Cintai.

  • Ketam

    Indonesia Know it Love it?
    Kami Malaysia dah pakai tagline ni pada Tahun Melawat Malaysia La
    To know Malaysia is to love Malaysia

    • Yeah, your country is pretty good in tourism campaign. We have a lot to learn from you. Thanks!

    • Yeah, your country is pretty good in tourism campaign. We have a lot to learn from you. Thanks!

  • Great man did a great job . Well done . I’m waiting your next post. I’ll share this with my friends.

  • Pingback: sukseskan visit indonesia. jubel and the unessentials.()

  • kayaknya.. benci banget ma malaysia yah…
    hehehehe

    SAMA… heheheh

    Fuck malaysia…

  • woaaa
    logo yg “know it, love it” itu keren!!!

  • birru

    Hmmm…gw mau lebih menelaah ke orang indo-nya sendiri deh bel… gmana yaa.. Kita mau ngejual pariwisata kita ke asing tpi orang indonya ngerasa lebih seneng buat jalan2 ke luar negeri.. daripada jalan ke WAmena yg gw liat di acara JELAJAH keren bgt, ato ke Lombok yg kayanya sebenernua uda terkenal jg deh kekerenannya ato ke BUnaken gtu, orang kita kayanya lebih seneng ke Singapur ato Malay.. Shopping2 dan memperkaya negeri orang.. Ato bahkan jalan tour de europe ato Africa ato manalah.. Pasti banyak deh yang uda ke negara macem2 tpi keindahan di indo sendiri dya blom liat bgt selain Bali or Jogja.. (praduga gw aja siy..) Jadi menurut gw sebelom kita ngejual pariwisata kita k luar, mending kita coba tumbuhin kebanggaan dari masyarakat indonesiannya sendiri dulu.. Dan yang gw kesel bgt adalah.. waktu itu gw pernah liat iklan di tv,,, ada MODEL INDONESIA yang ngiklanin pariwisata MALAYSIA…ga ngerti gw… GA da nasionalisme bgt yaaa?!!!

  • gue baru aja liat.. logo palm island ama world archipelago? along with burj al-arab and burj dubai .. super gila!!!!!!! ntar gw post.. hahahaha..

  • Dan geblegnya si emir (ato sheikh ya? gw ga tau istilahnya..) yg memprakarsai pembangunan gila2an ini bilang klo ini baru 10-20 persen dari visinya..

    what? wwooooowww…..

    btw, gue belom pernah liat logo-nya…

  • buat audreycornu: gak harus mengkritik kok.. at least sekedar tahu n mulai berusaha menghargai kebudayaan dan pariwisata negeri sendiri.. hehehe.. it worth a lot more than criticisms.. hehehe..

    buat jijie: oooo, emang di sana pake asas praduga bersalah ya? berarti TYPE berapa error tuh kalo kata statistik? TYPE I ERROR? apa TYPE II ERROR? hehehe.. aneh juga ya.. menurut gw sih lebih fair asas praduga tak bersalah.. tanggung jawab keamanan kan ada di polisi.. ya harusnya mereka yang nanggung sepenuhnya dong.. mereka harus bisa nangkep orang yang benar-benar salah.. dan orang yang belum bisa dibuktikan salah secara hukum ya gak bisa diapa2in dong.. aneh.. hehe.. kalo mereka gak bisa nemuin orang yang salah ya mereka yang TOLOL.. ini kok orang yang gak salah apa2 malah dianggep salah.. yaa tapi yaudahlah.. beda kali ya.. hehe..

    buat lintang: iya tang.. kebangkitan tuh butuh momen.. butuh icon.. sama kaya pemimpin.. hehehe.. semua orang sebenernya tau mana arah yang bener.. tapi kalo gak ada pemimpin, semuanya kacau balau.. hehehe… ada yang inget kapan hari kebangkitan nasional??? hehehehe.. hayoooo.. btw cuman TRANS TV lho yang taun ini ngerayain hari kebangkitan nasional.. hebat.. hebat.. :D

    buat yanyan: GWK? Katanya SBY sih GWK bakal beres tahun.. sekalian sebagai icon KEBANGKITAN NASIONAL karena memperingati 100 tahun berdirinya Boedi Oetomo.. hehehe.. .. semoga peresmiannya di tanggal 20 Mei tahun depan bener-bener JADI dan terlaksana tepat waktu.. penasaran ama Garuda Wisnu Kencana yang katanya bakal lebih tinggi dari Statue of Liberty nya Amerika.. hehehe..

    buat repii: hahhhh.. akhirnya beneran ada juga tuh logo.. at least ada yang liat kan berarti.. hehehe.. iya itu official logo and tagline buat pariwisata Indonesia.. hehehe.. at least gw sudah membuat seorang repika tau.. hehehe.. may many others do too.. hehehe..

  • jubel ! akhirnya gw udah liat tu indonesia ultimate in diversity di bis departmen kebudayaan ! gw aja baru liat sekali , eh dua dink , sama disini ! pas liat itu gw jadi keingetan postingan lo gtu , kalo lo ga posting gw ga bakal tau kali kalo indo punya gtu”an . hihi .. ga keliatan banget , ga ada dimana” , jatohnya jadi ga guna . toh sedikit banget yang tauu ..

  • susah.

    bawaannya mo ngecam banget tiap inget pariwisata indonesia.
    dengan potensi segitu banyak. cuma ga ada yang dijual. bego.

    bahkan GWK yang harusnya bisa segitu fenomenal ketunda soal dana. bodo kan?

    duh. indonesiaku..

  • Lintang

    Dubai emang gila..

    Ralat.. tuh pulau artifisial ada dua seri yg lagi dibangun saat ini..
    Yg pertama bentuk palem2 itu.. ini trilogi jie!!!
    Jadi bukan satu, bukan dua, tapi tiga..
    Yg kedua namanya world archipelago..
    Jadi pulau artifisial dengan bentuk peta dunia.. jualannya perpulau.. jadi bisa loe beli kavling kalimantan misalnya..
    Indonesia tenggelam skala massive lah..

    Dan geblegnya si emir (ato sheikh ya? gw ga tau istilahnya..) yg memprakarsai pembangunan gila2an ini bilang klo ini baru 10-20 persen dari visinya..
    Gila.. gw mulai curiga seleb2 yg jadi pada rajin umroh sebenernya sekalian jalan2 ke dubai..
    Duh.. prasangka buruk pula.. puasa2..

    Jadi ingat jamannya soekarno di mana kita (bung karno maksudnya.. pars prototo..) semangat banget bikin Istora Senayan..
    Emang kebangkitan itu butuh simbol kali ya..

  • eh bel kalo yang soal pemukulan orang indonesia di malaysia itu, gw pnh diceritain ama kenalan gw yg kerja di malaysia.
    jadi katanya, klo orang indonesia menganut falsafah asas praduga tak bersalah, maka orang malaysia menganut yang sebaliknya yaitu asas praduga bersalah. itu emang uda umum banget di sana. pokonya tangkep dulu, hajar dulu, baru diclear-in belakangan. kalo ngomongin ini rasanya bingung nentuin mana yang salah. karena pada dasarnya memang prinsip kita uda berbeda, makanya gada buntutnya persoalan ini..

    dan iya gw pnh liat dubai hotel bintang tujuh! d discovery channel kah? ya itulah, gw lupa.itu kereeeeen bgt. dan soal yang pulau artifisial itu? palm island? wah. itu canggih banget deh. lo harus ngeliat cara pembuatannya. sukses ama pulau palem pertama, dubai masih ngeinvest bikin pulau palem kedua yang jauh lebih besar dan lebih kompleks.

    hh. kapan sih indonesia bisa menghargai keragaman bangsanya dan keindahan negerinya sendiri? menimbulkan kecintaan. itu bener2 masalah kita yg paling utama sekarang..

  • Semoga Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia bekerja lebih keras lagi.. Lebih giat lagi…
    Semoga ngga ada lagi kekayaan budaya kita yang ‘dicuri’ bangsa lain…
    Semoga nantinya orang-orang Jerman bakal bilang “Malaysia itu negara bagian Indonesia ya?”

    Lagi ngga pengen mengkritik nih.. Jadi…
    Semoga…

  • Hah?? emang lagu “RASA SAYANGE” dibajak ama siapa?? Malaysia?? Bukannya lagu rasa sayange tuh dari ambon sono2 ya?? Indonesia Timur bukan sih? Gila juga kalo ampe dari Indonesia Timur bisa dicaplok Malaysia.

    Dubai? Hotel Bintang Tujuh? Hehehe.. Gw kira hotel bintang tujuh cuman ada di lawakan Indonesia.. Hehehe.. Beneran bintang tujuh tang?? Hehehe..

    Iya itu slogan pariwisata Indonesia buat ke luar negeri tang.. Pernah liat di kelurahan?? Hahaha.. Waduhh.. sejujurnya gw dah mo ngehina2 tu logo di post gw tang.. Tapi setelah gw pikir2 lagi..

    “Kalo emang tuh logo jelek, orang-orang pasti bilang kok.”

    Hahahahah.. dan terbukti gw benar.. elu dah bilang logo itu jelek. Hehehe.. Bapak-bapak, ibu-ibu, bukan saya yang bilang lho.. Lintang yang bilang.. HUAHAHAHAHA…

    Ohh iya.. baru inget.. dulu pernah liat iklan pariwisata Turki di KOMPAS entah kapan. Gambarnya bagus lho.. Ada gadis-gadis meliuk-liukkan badannya yang sepertinya sih lagi tari perut.

    Turki. Mengalu-alukan kedatanganmu.

    Dan gw kaget. Tagline nya dalam bahasa Melayu (Indonesia)!! Apa mereka bikin tagline dalam berbagai bahasa dan menyebarkannya ke seluruh dunia sesuai dengan bahasanya masing-masing??!

    Semoga 5 tahun lagi gw bisa liat tagline pariwisata Indonesia di Belanda dengan bahasa Belanda. (YANG ARTINYA: Semoga gw bisa ke Belanda..) :-)

  • lintang

    Sepakat gw bel..

    Departemen kebudayaan dan pariwisata indonesia emang lelet banget..
    Segala2 dibajak.. dari rendang, batik, sampai yg terakhir yg gw tau lagu daerah (rasa sayange.. padahal ini lagu daerah wajib gw jaman sd nih..)
    Percuma kan walaupun punya objek pariwisata yg bagus banget tapi ga ada orang yg tau..
    Bingung klo ngeliat kinerja mereka.. Promosi engga.. Rebranding engga.. Proteksi budaya engga.. Ga fokus arahnya..

    Rada ironis; contoh: klo ngeliat dubai..
    Tempat yg sebelumnya ga punya daya tarik pariwisata sama sekali mau investasi gila2an (bikin pulau artifisial, hotel bintang tujuh, hotel bawah air, rebranding) demi menarik devisa dari pariwisata..
    Yg diproyeksikan bakal menggantikan minyak sebagai sumber pemasukan mereka..
    Sementara indonesia yg potensi budaya dan pariwisatanya udah bagus; secara tinggal dikelola dan dipromosikan malah ga ngapa2in..

    Omong2, itu slogan + logo pariwisata indonesia ya?
    Perasaan dulu pernah liat sekali di kelurahan tetangga.. kirain itu dalam rangka pemilihan lurah yg baru, hehehe..
    Konservatif ya.. serasa jaman baheula pisan.. (no offense yah.. gw juga ga bisa desain.. cuma klo punya duit kan harusnya bisa bayar desainer bwt bikin logo yg lebih catchy ya..)

  • Pingback: J.CO Donuts DICONTEK di MALAYSIA. jubel and the unessentials.()