6 hobi Kita, Orang Indonesia.

setelah gua capek bikin beberapa post yang membanding-bandingkan indonesia dengan negara-negara tetangganya, gua pikir gak ada salahnya gua ngebahas negara gua sendiri ketimbang jadi tukang ngebanding-bandingin.. Hehehe.. btw ada yang tau gak, apa hobi orang Indonesia?? hehehe..

Disclaimer: I do not speak behalf of anything.. I speak for myself, Michael Jubel Hutagalung. Baca dengan hati yang tenang dan pikiran yang positif..


1. hobi ngikut

ya, hobi ngikut. orang indonesia cenderung untuk mengikuti trend yang sedang berlangsung di masyarakat. contoh konkrit nya apa? model rambut, baju, dan acara TV. hahaha.. liat gak model rambut anak muda sekarang dan beberapa tahun lalu? satu model A, yang laennya ikutan model A.. satu model rambut serepet-ahe lalu semuanya ngikutt.. ada yang model spiky lalu semuanya ngikutt.. contoh laen: polo shirt.. hahaha.. seinget gua, 3 tahun lalu, polo shirt tuh jadi baju yang biasa-biasa aja.. tapi liat tahun lalu.. semua cowo make polo shirt!! emang orang indonesia tuh hobi ngikut.. itu salah satu buktinya.. dan bukti yang paling mudah diidentifikasi ialah acara TV.. lihatlah sinetron-sinetron Indonesia yang sedang beredar di TV.. mo tau apa kesamaannya?? semuanya berjudulkan “nama tokoh utamanya”.. aneh gak si? Wulan, Intan, Aisyah, dll, dsb.. dan gak cuman sinetron.. acara TV secara keseluruhan tuh emang saling ikut-ikutan.. ingatkah Anda akan masa kejayaan “Sinetron Hidayah-alike”? Bagaimana dengan masa kejayaan “Reality Show Hantu-dan-kawan-kawan”? Hmm.. kalo masa kejayaan “Parade reality show jiplakan dari luar negeri??” Ya.. Indonesia emang hobi ngikut.. hehe..

2. hobi sok setia kawan

Nahh.. ini hobi orang Indonesia yang cukup kental.. Sok setia kawan.. “Mo lo bener ato lo salah, gua bakal tetep belain lo karena lo temen gua!” Gua setuju.. Hahaha.. Tapi gua kurang setuju dengan hal-hal yang umumnya terjadi setelah kalimat itu terucap.. Hehe.. Udah nonton film Get Married?? tau kan kenapa tuh tawuran antar kampung di film itu bisa terjadi?? Inget kata-kata bodyguard-berbadan-besar kepada bosnya?? “Lo tuh kelamaan di States, bos.. Kalo di sini ya pake cara Indonesia! Pake otot! Gak pake otak!” Hahaha.. kena banget.. tapi emang itu yang sebenernya kejadian di negara kita.. tawuran antar sma, tawuran antar kampung, bahkan perang antar suku.. semuanya berawal dari masalah-masalah kecil yang di-amplifikasi atas nama setia kawan.. gua setia kawan.. dan gua sangat menghargai apa arti pertemanan.. tapi tidakkah kita bisa lebih bijak dalam bertindak? hehe..

3. hobi diprovokasi dan memprovokasi

Orang Indonesia itu mudah dihasut. Sudah terbukti sejak penjajahan Belanda yang menghasut Indonesia dengan politik adu dombanya. sebenernya, poin ini berkaitan ama poin nomor 2 di atas. inget Indonesia beberapa tahun yang lalu? demonstrasi dimana-mana.. topiknya mulai dari harga beras ampe otonomi daerah! semuanya dah! dan gak jarang, demonstrasi itu berujung pada kegiatan-kegiatan anarkis yang sudah lari dari tujuan awal berdemo. Demonstrasi emang salah satu cara mengeluarkan pendapat.. dan demostrasi tuh emang ada undang-undangnya.. bahkan kalo mo demo ada prosedur lapor dulu ke kepolisian supaya demo itu dilegalkan.. kalo emang demonstrasi itu bertujuan “tulus” sih fine-fine aja.. tapi alangkah disayangkannya kalo demonstrasi itu sebenernya cuman digerakkan oleh beberapa oknum untuk kepentingan dirinya sendiri.. gak penting banget kan.. yaaahhh.. positifnya sih.. orang Indonesia emang banyak yang cocok jadi “influencer” kali ya.. Hahaha.. kalo di jalan yang bener bisa cocok jadi motivation trainer dan kalo di jalan yang salah ya jadi provokator! hahahaha.. btw ada yang inget demonya supir taksi terhadap bluebird?? gua dah mikir 18 kali dan gua masih gak habis pikir.. benar-benar alesan yang amat aneh untuk berdemo.. “semenjak ada blue bird di bandung, penghasilan kita berkurang!! soalnya bluebird pake argo!!!” dan dengan alesan seperti itu mereka merasa dirinya benar dan menuduh bluebird yang salah.. (*gua yang tolol apa gimana sih??)

4. hobi sweeping sok bela bangsa dan negara

sweeping orang Malaysia, sweeping orang Cina, sweeping produk Amerika, sweeping X, sweeping Y.. dan bahkan gua pernah denger ada sweeping restoran dan rumah makan saat bulan Ramadhan.. (*hah?? have u lost ur mind??) gua gak ngerti deh ampe sekarang.. mengapa kita harus menyelesaikan suatu masalah dengan cara sweeping?? kalo Indonesia punya masalah dengan Malaysia di bidang X, ya selesaikanlah bidang X tersebut.. misalnya: kalo kasusnya tuh antara polisi Malaysia dan wasit Indonesia ya berarti pihak yang berkewajiban ialah Kepolisian Malaysia, Pemerintah Malaysia, Pemerintah Indonesia, dan beberapa pihak lain lah yang mungkin emang berkaitan.. nahhh, ada kaitannya ama orang Malaysia yang lagi liburan setengah telanjang di kolam renang hotel gak??? gak kan!! lalu kenapa tuh orang yang dikejar2?? sweeping orang Cina tuh lebih bikin gua bingung.. gua gak ngerti kenapa mereka harus disweeping.. sweeping produk Amerika juga sama anehnya.. orang Palestina ama Israel lagi perang lalu kita malah tiba-tiba nge-sweeping produk Amerika.. Heh???! (Iya abisnya Amerika ngebelain Israel!!) Ya, lalu apa urusan kita??? Emang aneh ya ada dua negara berperang?? Lalu kalo kita nge-sweeping produk Amerika lalu apa untungnya?? Ada?? Belum lagi orang Indonesia tuh hobi banget ngebakar bendera negara orang.. gak sopan woy!! untung aja tuh negara yang benderanya kita bakar gak balik nge-sweeping orang-orang Indonesia yang tinggal di negaranya.. coba kalo iya! mampus kan!!

5. hobi sterotyping and labelling

nahh.. ini nih hobi kita yang kelima.. stereotyping and labelling.. “orang padang itu pelit.” “orang cina itu pelit.” “pembantu itu orang jawa.” “orang batak itu supir angkot.” “amerika itu eek.” “malaysia itu plagiat.” “cewe sunda tuh matre.” dan masih banyak lagi.. lu tersinggung?? well, it makes the two of us.. hehe.. lebih-lebih lagi kalo lu mendengar stereotyping yang udah nyerempet-nyerempet agama. huahhh.. kayanya orang Indonesia tuh hobi banget make majas sebagian-untuk-seluruh.. baru juga 2 temennya yang orang padang dan kebetulan pelit, langsung deh dia berkesimpulan “orang padang tuh pelit.” dan walaupun semua supir angkot tuh orang Batak, and so what? The text you are reading is not written by supir-angkot, u fool.. Hehehe.. stereotyping tuh gak baik teman-teman.. kita gak boleh menggeneralisir sesuatu cuman dari beberapa aspek yang kebetulan kita liat.. gak enak banget lho digituin.. kita sama-sama gak mau kan kalo cuman gara-gara mayoritas agama penduduk di Indonesia, ada orang luar negeri yang bilang gini.. “Indonesia tuh negara teroris..” nah lo! sakit ati gak digituin? teroris dimanaaa.. Indonesia nya dimana.. nah.. gak enak kan..

6. hobi ngeliat faktor X, faktor Y, dan faktor Z

“hmm.. dia tuh cewe.. kayanya cewe tuh gak bisa deh megang tanggung jawab kaya gitu..”
“wahh.. dia tuh suku A.. susah lo ntar… suku A kan blablaba..”
“eh, si X tuh agamanya apa sih?? agama X ya? waduh… yang agamanya Y aja dehh!”
(ketiga contoh di atas ialah CONTOH NYATA yang terjadi dalam kasus PROMOSI JABATAN PNS!)

ini hobi orang Indonesia yang paling sampah. gua sih mo blak-blakan aja. menurut gua perilaku kaya gitu tuh SAMPAH banget.. kalo mau promosi jabatan ya liat kualifikasi dan skill orang yang bersangkutan dong.. aneh banget.. gua jadi inget omongan guru EF gua.. dia bilang, “Guys, in UK, one cannot put a job vacancy poster in front of the door writing “no black people”, or “vacancy for men only”, or “no religion-X people”.. nahh itu gua setuju banget tuh! gua gak ngerti kenapa faktor X, faktor Y, dan faktor Z tuh penting banget di Indonesia.. gak professional.. coba lu bayangin, kalo lu kerja di perusahaan asing, tuh expat2 malah ngebahas faktor X-Y-Z dalam diri lu saat lu minta promosi naek jabatan.. MAU?? be professional guys.. kalo kita kaya gini terus, kapan negara Indonesia bisa maju.. diskriminasi merupakan suatu hal yang salah dipandang dari sudut apapun..

(*btw hobi-hobi tersebut memang sengaja disusun dengan urutan tingkat emosi yang ditimbulkan.. hahahaha…”)

Ya.. demikian 6 hobi yang sering banget dilakuin oleh orang Indonesia.. dan gua gak munafik untuk mengakui bahwa gua pernah melakukan satu di antara keenam hobi itu.. (*apaan tuh?? yang pertama.. gua hobi pake polo shirt. hahahaha….). dan seperti biasa, se-tai-tai-nya Indonesia, gua bakal tetep bangga menjadi orang Indonesia. Hehehe..

tanah airku.. tidak kulupakan..
kan kukenang selama hidupku..
meskipun saya pergi jauh..
tidak kan hilang dari kalbu..
tanahku yang kucintai..
engkau kuhargai..

meskipun banyak negeri kujalani.. (amin)
yang masyur permai dikata orang..
tetapi kampung dan rumahku..
di sanalah ku merasa tenang…
tanahku tak kulupakan..
engkau kubanggakan…

(*wahh… ini postingan gua yang paling gak disensor nih.. hahahaha..)

  • Redi

    Hai Bang, salam kenal, kalau disingkat seperti ini: copy-cat, nepotis, impulsive, sectarian, stereotyping, labelling, and subjective. thank you for sharing. Have a nice day. ;)

  • Blognya bagus, isinya juga bagus. Salam kenal.

  • Meigy Megahara

    Soal stereotyping (Maaf ya ga tau ngeja nya)
    Bener banget kalo dibilang sampah.Saya punya kakak angkat orang china,kakak angkat orang batak (Marga hutajulu),dan bapak saya orang jawa (Cilacap),ibu orang sunda(Tasikmalaya).
    Mereka orang2 terbaik yang saya jumpai.Kakak China saya baiknyaaaaa ga ketulungan.
    Kakak batak saya pintar dan suka bagi2 ilmu.Kalo ditanya ga segan menjawab dan membagi apa yang ia tau.
    Bapak saya PNS (Guru SD) Ibu saya yang sunda mau sama dia.
    Saya pernah jadi korban stereo…itu.
    Saya pacaran sama cewek jawa.Karena saya sunda banget,saya tidak disetujui sama or-tunya.Karena ortunya (yang suku jawa) ga mau punya menantu cowo orang sunda.Hiks3x
    Soal nasib,etos kerja,sifat,dan kelakuan ga bisa di klasifikasikan berdasar suku.
    Saya bukan orang pintar,tapi saya selalu belajar.Yang saya ngerti adalah.Manusia diciptakan sama.Semua mahluk ciptaan Tuhan.
    Kenapa bukan persamaan itu yang diliat bahwa kita semua adalah saudara?

  • Horas..

    Ga nyangka gw ada orang batak jago desain..mantap ni desain2na..ad yg gw pake jg buat blog gw…ijin ya :D

    blh jg tu pendapat lo ttg Indonesia…1000% bener,,,hahha
    tp bagaimanapun…I still Love Indonesia…Merdeka !

  • devie modjo

    wuihhh…keren bgt articlenya…
    aq s7 kL qt bwt artikel spt ne bkn brarti qt ga cnta ma NEGARA INDONESIA. Yg mnurutQ negara yg pling diincar ma negara laen krn hsil tanahnya…(he..he..dpt dr buku sejarah)
    q jg kadang bingung apa ya yg bwt INDONESIA Qt ne bs jd spt tu. Pdhal ktnya org2 doeloe ga gt dech. Brarti Qt org muda yg bwt. Nah krn Qt yg bwt, wajibla Qt BERTNGGUNG JAWAB…
    MARI KITA SUKSESKAN PERBAIKAN INDONESIA BERSAMA DENGAN ORG2 MUDA DI INDONESIA!!!BANGKITLAH HAI ORG2 MUDA!!!
    MERDEKA!!!!
    ^_^

  • indonesia merdeka.. aku tetap bangga deh sama negeri hijau yang kaya akan ragam…. merdeka,

  • red

    Nice, artikel mu bagus jg bro. sepertinya sudah sulit utk ngubah orang-orang Indonesia yg sekarang. Cara paling yg bgs menurut saya ya kita-kita ini yg mengajarkan yg baik-baik sama generasi di bawah kita. numpang nambahin ya bro, hobi kebanyakan orang Indonesia(lanjutan):

    7. Hobi merendah sama orang asing (ex:turis,terutama bule), tapi paling gak mau kalah kalo sama sesama org Indonesia. Bbrp hari lalu di stasiun kereta Juanda (Jakarta) saya liat ada dua org bule dgn ransel gede mrk, pas mrk mau duduk ada jg sepasang mba dan mas yg mau duduk disitu. terjadilah argumen “silakan anda aja yg duduk” selama hampir semenit. para bule gak jd duduk. sayangnya selama saya jd penumpang kereta, jarang skali ada peristiwa org nawarin tpt duduk. Dengar-dengar (gak tau jg, krn blum ngalamin langsung) di tpt2 wisata, turis lokal pun selalu jd kelas dua dibanding turis asing.

  • ga tau mau komen apa… setuju banget soalnya… hahhaa… numpang eksis aja deh (ini juga bisa dikategoriin hobi orang Indonesia ga sih? ga begitu tau tp ikutan komen.. yg penting “nampang”? hehehe.. I guess so..)

  • Hobi ane adalah: “Nanyain hobi orang lain…”
    nah, kalo hobi ente apa..?
    :P

  • Hehe… Tapi kayaknya lebih tepat disebut bukan hobi, tapi blocking mental. Yah, beginilah, masyarakat dunia ke-3, masih perlu banyak belajar, terutama untuk tidak mengharap sesuatu yang selalu bersifat instan. itu kan…

  • marisa, hah terperangkap di sini? huahahaha.. bener juga ya.. hehe..

    yonna, yup, u get it. lugas, keras, blak-blakan, bikin sakit ati, gak pake basa-basi.. dan hidup di pulau jawa yang penuh dengan orang jawa dan sunda yang relatif berkebalikan. hehe.. (ups, am i stereotyping? hahaha..)

  • iya kita sumatra rada mirip, situ batak, sini padang, kita terkenal keras, lugas, blak-blakan, gak suka basa-basi dan suaranya lantang hehe.

    cuma orang batak bisa nyanyi, kalo padang bisa dagang :mrgreen:

  • se-tai-tai-nya Indonesia, gua bakal tetep …

    terperangkap disini. :roll:

  • Pasaribu
    hahahaha.. gak segitunya kok gua.. ya pokonya kesalahan2 yang disadari ada baiknya diperbaiki lah ya.. hehe.. berlaku buat gua dan buat semua orang.. biar kita semua jd lebih baik.. kalo masalah orang Batak sih, yahh mo gimana ya?? hahaha.. tapi sebenarnya orang Batak itu ramah lho.. hehe..

    deeyan
    thanks for the “durex” quote.. hehe.. yup, semoga hobi2 jelek itu bisa kita tinggalkan seiring dengan waktu.. untuk Indonesia yang lebih baik.. hehe..

    Oline
    hehehe.. nah tuh contoh kasusnya banyak kan.. hehehe.. dan kalo soal cewe sih emang negara kita ini masih cukup baik sih dibanding negara-negara lain.. (gua gak bilang nama negaranya lho ya..) hehehe..

    yonna
    gua galak? emang. hahahaha.. kocak dan gila juga.. jadi begitu dah kalo dicampur.. hehe.. padang? iya padang juga ada lho.. dan padang juga sama ‘gilanya’ kaya orang batak. hahaha.. kayanya orang sumatra keras semua ya..

    :roll:

  • setau gue padang juga ada yang jadi supir metromini, kaya batak juga hehehe.

    heheheh gue geli sendiri baca nih artikel, kritikan yang disampaikan dengan kocak, walau agak galak, sabar buuuu! :mrgreen:

  • Oline

    you’re so damn right!
    hobi no 1. gw masih inget waktu demam Tau Ming Se, mendadak banyak cowok kok rambutnya kaya TMS dg versi muka yg jauh tentunya :smile:
    hobi no 2 no comment deh
    hobi no 3. duh … gw masih blm bs lupa tragedi Mei
    hobi no 4. sampai ada orang-orang konyol yg mau nutup KFC n McD, wakakak, coba kl mereka tau yg py McD Indonesia tuh siapa. Diem deh dijamin.
    hobi no 5. jelas-jelas supir angkot ga semuanya Batak, Bel, gw pernah kok ketemu org Jawa.
    hobi no 6. ga cuma promosi PNS, Bel. Masuk PTN juga gitu :cry:

    Indonesia …. Indonesia kapan bisa maju kalau masih punya hobi kayak gini yah.

    Anyway, sebagai cewek gw tetep musti bersyukur, Bel. Ga kebayang kl gw tinggal di afganistan, sudan, atau arab saudi. Bisa-bisa cm jd pemuas laki doang. Peace!

  • t2h_is

    wah, setuju banget nh sama isinya, kayaknya indonesia banget ya? bukan kayaknya klagi dink, tapi emang kebanyakan manusia kaya gini. tapi jawaban akhirdari semuanya aja, kembali sama individu masing-masing, bene ngga? :lol:

  • alow.. gw setuju abis ama hobi2nya.. hopefully one day we can eradicate all those embarasing traits and our ideal Indonesia will come true :mrgreen:
    btw, nice blog !
    ps. i quoted your durex ad post in my blog :)

  • Pasaribu

    Wah, bangganya punya Saudara se-Batak yang telah menjadi agen perubahan buat merubah image suku kita. Stereotyping suku2 terutama yang berasal dari jawa terhadap suku kita apa yang bisa kita bantah kecuali pasrah aja? emang masih banyak kok yang (masih) kasar2. Tapi mudah2an dengan orang seperti Bang Jubel ini, “mereka” akan merubah mindsetnya tentang generalisasi sifat orang batak yang terlanjur dikelompokkan sebagai “Garis Keras” heheheheh….

  • hah, carryn! apaan tuh yang seru? hehehe..

    iya jangan ampe sweeping2an lagi deh dimanapun.. bahaya.. anyway, nama lu beneran si tukang nyampah? hehe.. becanda.. hehe..

    yeah, right! i’m in! semoga seiring dengan waktu Indonesia bisa menjadi lebih baik! salam kenal, wong_angel!

  • w0ng_@ngel

    yah emang gitu deh keadaan di indonesia. All I can do is imagine one day every people can get easily for education, job, health care, equal rights, etc.. and no more corruption..

  • Jangan sweeping orang spore dan jangan bakar benderanya yah…ntar gue diuber-uber niiiiiiiiiy…hihihihihihi

    *tetep kangen indo biarpun dah betah di spore…gyahahahaha*