Seandainya Kita Boleh Memilih Penjajah

Gua yakin semua orang tau.. Indonesia itu dijajah oleh banyakkk negara.. Ada Belanda, Jepang, Perancis, Portugis, dan Inggris.. Inget tuh gua.. sejarah gua lumayan lahh.. hehehe.. Kita dijajah Belanda selama 350 tahun, kita dijajah Jepang selama 3,5 tahun, dan kita dijajah Inggris, Perancis, dan juga Portugis.. Temen-temen tau kenapa kita dijajah sekian lama?? Gua masih inget ama guru SD gua selalu berkoar-koar.. Indonesia merupakan negara yang memiliki hasil rempah-rempah yang blablablabla yang kemudian menyebabkan banyak negera Eropa yang datang menjajah Indonesia..

Yahh.. penjajahan emang dah masa lalu banget.. tapi gua yakin lu semua setuju bahwa penjajah itu mempunyai pengaruh besar ama negara jajahannya..

(*btw di Encarta, Timor Leste dikatakan pernah dijajah oleh Indonesia.. Hahahaha.. kita juga pernah menjajah oyy!! Hebat.. hebat..)



Nahh, kembali ke topik. Kalo kita lihat negara tercinta kita ini sekarang.. Banyak banget pengaruh Belanda yang tersisa di negara ini. Lalu kalo kita lihat negara tetangga kita (Singapura, Malaysia, Australia), banyak banget pengaruh Inggris yang kita bisa lihat.. hubungan kekerabatan antara penjajah dan negara jajahan pun masih terjalin ampe detik ini dengan adanya The Commonwealth.. bahkan hubungan antar sesama negara jajahan tentunya..

Fakta Setengah Opini: penjajahan itu salah.. kenapa? karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.. maka perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah ke pada saat yang berbahagia.. dengan selamat sentausa.. CUKUP. hehehe…

tapi yang pasti Indonesia akan memiliki wajah yang 100% berbeda apabila penjajah yang paling LAMA nya bukan Belanda.. Apakah lebih baik? Ato malah lebih buruk? Ato malah bingung ngeliat batesannya? Hmm.. ada yang tau Human Development Index (HDI)??

The Human Development Index (HDI) is a comparative measure of life expectancy, literacy, education, and standards of living for countries worldwide. It is a standard means of measuring well-being, especially child welfare. It is used to distinguish whether the country is a developed, a developing, or an under-developed country, and also to measure the impact of economic policies on quality of life. From: Wikipedia

Buat informasi aja.. Berikut ini Human Development Index (HDI) beberapa negara tetangga kita:
1. Singapura 0,916 (Bekas jajahan Inggris dan Jepang)
2. Brunei 0,871 (Bekas jajahan Inggris)
3. Malaysia 0,805 (Bekas jajahan Inggris)
4. Thailand 0,784 (gak pernah dijajah - iya ya?)
5. Filipina 0,780 (Bekas jajahan Spanyol dan USA)
6. Indonesia 0,711 (Bekas jajahan Belanda dan Jepang)
7. Vietnam 0,709 (Bekas jajahan Perancis)

wah.. setidaknya indonesia tidak yang paling bontot dari daftar yang telah gua buat.. menghibur diri aja.. makanya gua lebih milih buat bikin TOP-7 daripada TOP-6.. nahh.. seandainya nih.. kalo seandainya kita boleh milih penjajah mana yang dikasi kesempatan untuk menjajah Indonesia selama 350 tahun, siapa yang bakal lo pilih??

Belanda, Jepang, Perancis, Portugis, ato Inggris?? Ato mungkin Spanyol, USA, ato yang lain? atau… tidak dijajah sama sekali??

Mari berimajinasi. And anyway, gua tetep cinta Indonesia. Hehehe..

  • Ujug-ujug

    Kita dijajah belanda…? well- sehingga kita tidak berbahasa Belanda (bandingin aja dijajah Inggris wah kita pake bhs Inggris deghhh….)so kita punya bahasa nasional kebanggaan kita BAHASA Indonesia…kalau milih dijajah Amrik hanya krn artisnya atau lagunya keren-keren,,???? plizzz dehhhhh …at least secara ekonomi itu berarti duit untuk membeli /menonton artis itu kan mengalir ke sana … apa untungnya? mending untuk artis lokal dunkkk ….

    • Adnan Malek

      Perkataan Belanda banyak dimaling Indonesia…. kantor, tante, keren dan banyak lagi..

  • girl_

    gue sich milih dijajah Amrik (‘alnya bokap gue orang amrik and nyokap gue indo(amrik indonesia)). Tapi anehnya waktu gue kecil gue minta diajarin bahasa belanda ke nenek gue tapi dia ga bisa, gue heran kan indonesia dah dijajah ma belanda 350 tahun ko ga bisa bahasa belanda sich :???: :?: .

  • cha_

    Mending ga dijajah lah, freedom. Tapi klo gue suruh milih, gue milih di jajah Amrik, keren aja tuh. artis2nya juga keren2 and musiknya juga enak2.gue malah suka banget ma musik2 Amrik (jujur aja lagu2 koleksi gue lebih banyak dari amrik di banding indonesia),band favorite gue kan dari Amrik juga.
    biarpun dibanding negara lain indonesia masih belum maju,tapi gue tetep cinta Indonesia.
    I LOVE YOU INDONESIA!! Indonesia is the best!

  • donie

    seandainya kita dijajah jepang terus, mungkin JAV dibikin di indonesia.

  • Santo

    Memang seandainya saja saya bisa memilih ingin dijajah oleh siapa, saya tidak akan memilih ingin dijajah oleh Belanda. Why? karena bangsa Belanda itu tidak ingin negara yang dijajahnya pintar.Coba kalau kita dijajah oleh Inggris(misalnya) pasti kita akan lebih maju,lihat saja negara-negara tetangga yang pernah dijajah Inggris mereka lebih berkembang dari kita.Tetapi dijajah oleh Belada juga sebenarnya tidak buruk juga, seandainya saja kita lebih bersabar menanggapi kehadiran Belanda sampai mereka selesai membangun kanal banjir, maka Jakarta atau Indonesia tidak akan sering-sering kebanjiran karena Belanda itu sudah mengerti keadaan Jakarta(Indonesia) yang daerahnya daerah perairan, karena keadaan di Indonesia tidak jauh berbeda dengan Belanda. Karena Belanda itu ahli bangunan air.
    Semua sudah berlalu itu semua masa lalu, entah pernah dijajah oleh siapa yang penting saat ini hanya kita yang bisa membangun negara kita INDONESIA lepas dari jajahan siapakah kita?Sekarang saatnya bangkit bukan berkhayal atau berandai-andai siapa yang lebih baik menjajah kita. Karena penjajahan itu banyak buruknya, bersyukur karena sekarang kita sudah bebas dan merdeka, saatnya kita yang menentukan.

    • Adnan Malek

      Karnal yg dibina dihapuskan… maka Jakarta bakal tenggelam.

  • wah susah juga ya, kalo ga dijajah, kita ga tau apa2, tapi kalo dijajah, blom tentu tambah tau apa2. wew. y minimal sekarang udah tau internet. hahahaha

  • hahaha,,iya ya,kita kok ndak isa bahasa belanda,,(padahal kakek gw lancar banget tuh bahsa belanda na,buset :D ).. kalo boleh milih,pengen dijajah sama amrik dan inggris, karena sumhow keren aja gitu dua negara itu,,artis2 cihui asalna kebanyakan dari amrik,,,apalagi musik2 kristen kontemporer (CCM) tuh huhuhuhu keren banget nget! en asalna dari amrik smua ;p

    all in all, i still love Endonesa!

  • Femmy

    Well, menurut gw,, emang Belanda yang memilih orang Indonesia buat ga ngerti bahasa Belanda .. jd lebih gampang dijajahnya…. ga dikasi pendidikan biar bodoh.. dulu gw pernah denger satu cerita (gatau bener atau salah ya..) jadi dulu orang indonesia kan dapet gaji dari penjajah.. nah waktu mereka gajian itu.. dibuat pasar malam.. dan mereka berpesta disitu menghabiskan uangnya sehingga ketergantungan mereka sama penjajah tinggi.. jadilah dijajahnya laamaaa… Menurut gw,, Kalo boleh milih, Indonesia mending djajah Inggris kaya Hongkong .. Terbukti kaaan? Hongkong yg lama dijajah Inggris jauh lebih Ok dari Cina..

  • jelas gw milih gak dijajah, gw kadang lucu ngeliat orang-orang yang bilang kalo mending kita diajajah Inggris hanya karena mereka melihat Amerika, aussie, NZ, singapura sekarang.. mereka gak tau aja apa yang inggris udah buat di Nigeria ampe bikin tuh negara udah hancur2an kayak sekarang..

    nigeria terbagi atas 3 daerah utama, anggep aja A, B, C..
    wilayah A ini wilayah paling besar..
    Inggris dateng ksana dengan tujuan untuk menghentika perdagangan budak, tp ironisnya ampe sana mreka malah pengen nguasaiin daerah itu..
    dya memecah belah nigeria dengan naro pusat pemerintahan di kota A, dan jadiin B dan C sebagai pusat perdagangan.. org2 B can C sirik ama A karena smakin dekat akses ke pemerintahan smakin lancar uang dan pekerjaan didapet..
    sementara org2 A sirik ama B dan C gara org2 B dan C kaya2 berkat perdagangan, dan dapet pendidikan langsung tentang berekonomi dari inggris..
    selama inggris masih dsna, suasana panas udah mulai terbentuk, stelah inggris pergi, pecah lah perang saudara yg terus berlangsung dan menewaskan skian banyak org, dan menimbulakn kemiskinan coz nobody worked in rice field..

    intinya, penjajahan di masa lalu itu bisa ngaruh ama kehidupan suatu negara ini sekarang, bisa juga enggak..
    Thailand g pernah dijajah getu2 aja ampe skarang..
    korsel, china, india bisa maju kan skrg walaupun dijajah..

  • hmm yang menjajah kita tuh BELANDA atau VOC??
    kalo lo nanya orang belanda, mereka akan bilang itu VOC dan mereka bilang terjadi “trading” waktu itu. walaupun mereka mengakui bahwa “tradingnya” gak bener.

    Jadi.. mungkin kalo kita bener2 di jajah BELANDA dan bukan VOC yang niatnya cuma ngambil dagangan. kita bisa maju. CMIIW

    dan bel, lebih enak menjajah. haha lo akan ngerasain tahun depan gimana rasanya menjajah ilmu di negeri orang. (dah gw doain tuh)

  • HUAHAHAHAHAHAHAHA… ampun ren!! Hahahahahahahaha…

    okay.. fair enough.. setiap orang punya kebebasan berpendapat.. hehehe.. tp seperti yang gua tulis di atas: gua tetap cinta Indonesia.. hehehe..

  • berpikir bahwa penjajahan adalah hal yang baik, dan ingin memilih penjajah, itu mental yang paling cocok untuk dijajah

  • yaudah.. Jalan tengah deh.. THSB gmn? Soalnya nama nya tuh Technische Hooge School Bandung.. Hehehehe…

  • gue pilih dijajah jepang terusssss

    soalnya gue suka musik jepang, hehehe

  • sebenernya nama kuno ITB tuh THS apa THB sih?

  • hmm good question,,
    gw sih milih penjajah kita sekarang bel,,globalisasi.
    Dia ngasih paket lengkap
    teknologi , bahasa, informasi, sampe terorisme ,:p

  • Ya tapi bayangin dong, 350 taun dijajah ama Belanda, pasti orang Indonesia dah muak banget ama semua hal yang berbau Belanda. Alhasil ya.. mungkin kake2 kita ga mau segala sesuatu yang berbau Belanda membekas di cucu2 nya, hehehe…
    Lagian dijajah ama Belanda sih, udah diperlakuin kaya budak, ga dikasi pendidikan (ada sich… tapi buat bangsawan doang, THS misalnya), ga ada bagus2nya deh, kalo gw idup pas masa itu juga pasti gw bakal sebel juga ama Belanda…

    kalo seandainya milih… gua milih dijajah Inggris deh.. hahahaha…

  • Hmmm.. sebenernya gak secara langsung dijajah Perancis sih.. hehe.. Ini dari Wikipedia:

    Masa kekuasaan Belanda pertama - dibawah kekuasaan Napoleon di Perancis (1800-1811)

    1. 1800-1801 - Pieter Gerardus van Overstraten
    2. 1801-1805 - Johannes Siberg
    3. 1805-1808 - Albertus Hendricus Wiese
    4. 1808-1811 - Herman Willem Daendels
    5. 1811 - Jan Willem Janssens

    Hehehehe..

    dan menurut gua, orang Indonesia emang agak-agak chauvinistik.. hehe.. entah karena emang penjajahannya terlalu ngebikin trauma bagi nenek moyang kita sehingga orang Indo tuhh benciii banget ama penjajah.. saking bencinya tuh ampe anti segala macem yang dibawa oleh penjajah.. gak usah penjajah deh… Indonesia tuh sebenernya agak anti budaya luar.. inget kan orang Cina yang tinggal di Indonesia harus ganti nama dari nama Cina jadi nama Indonesia.. itu dulu sih tapi.. hehehe..

    Bukannya gua gak nasionalis.. gua setuju banget kalo kita harus cinta ama negara kita sendiri.. tapi kadang2 caranya agak2 gimanaa gt.. hehe.. setuju banget ama yang dibilang anyie.. kita kan dijajah Belanda 350 tahun.. tapi kok kita gak bisa Bahasa Belanda ya?? Kayanya 350 tahun itu waktu yang AMAT LAMA bagi sebuah bahasa untuk mendarah daging di suatu negara..

    Btw.. rime.. gua kebayang nih kalo kita dijajah Inggris 350 tahun.. pasti kita gabung ama Malaysia.. EHHH SALAH.. maksud gua pasti Malaysia, Singapore, Brunei tuh gabung ama kita.. Hahaha.. tetep narsis..

  • menurut gua penjajahan ga selamanya buruk.

    contohnya INggris.. mereka menjajah tetapi memberikan pendidikan akademis bagi warga jajahannya.

    sedangkan Belanda, hanya memberikan pendidikan militer..

    jadilah kita bangsa Indonesia yang pintar berperang, tapi bodoh dalam ilmu pengetahuan… dan mungkin itu juga yang mempengaruhi keadaan kita saat ini.

    kalo boleh milih, gua lebih milih dijajah INggris, karena gua cinta Alex Turner, hahaha…

  • emang kita pernah dijajah sama prancis ??!! * sambil garuk” kepala*

    • Regina_oesman

      Apa pun jajahannya minumnnya tetap teh botol sosro,Indonesia I loved you

  • iya aku juga tetep cinta INDONESIA. walau seburuk apa itu, tp aku tinggal dan menikmati kepunyaan INDONESIA. Tapi aneh y…orang Indonesia jaman dulu tuh kolot y…kita dah dijajah ama Belanda paling lama loch 350 tahun koq, sampe anak cucu sekarang kagak ada yg bisa bahasa belanda. Coba tengok negara lain yg pernah dijajah ma’ Inggris, Portugis mereka bisa berbahas inggris tuch..sampe anak cucu..cicitnya. Apakah ini yg dinamakan cinta mati ma’ Indo sehingga org2 jaman dulu gak mo’ ngajarin ke anak dan cucunya bahasa Belanda. Atau mang dari dulu org indo dah B****H. Sama seperti kakek-kyu dia jago bahasa belanda dan jepang. tapi gak mo ngajarin. Coba kalo liat sekarang, kasian khan kursus belajar bahasa inggris aja mahal, coba dari dulu kita bisa pergunakan/pelajari bahasa belanda dan jepang wah..masyarakat indo bakalan mempunyai kualitas sumber daya manusia yang mantap. Bukan hanya basa daerah (alaikita-batak, tapi aku gak bisa sech), indonesia aja. tapi kita bisa berbagai bahasa dan sdm kita jadi punya nilai lebih didunia international. Ya gak???