Sukseskan Visit Indonesia

Visit Indonesia : celebrating 100 years of national awakening. kali ini gua seneng ngeliat logonya! hehe.. tidak seperti yang waktu itu saya bahas di artikel ini.. hehe.. dan walaupun kampanye tersebut sempet bikin malu karena ada grammatical error di tagline nya (tapi sekarang katanya sudah diperbaiki), setidaknya ini sudah menjadi langkah awal yang bagus banget buat pariwisata Indonesia.

hah? grammatical error? yes! hehe.. the first edition of the advertisement (and also the video above) reads “celebrating 100 years of nation’s awakening”.. BUT actually it should be “celebrating 100 years of national awakening.”

lo gak percaya? lo kita gua sotoy? okee.. baca ini dehh.. dan juga ini..

nih gua kutip berita dari MSN Indonesia yang juga sudah dikutip oleh blog tsb.

A grammatical error in Indonesia’s new tourism campaign — splashed across airplanes and television advertisements — is to be fixed, a tourism ministry official said Wednesday.

The new slogan of the “Visit Indonesia ″ campaign reads: “Celebrating 100 years of nation’s awakening.” “Nation’s”, in correct English, should read either “national” or be preceded by a definite article.

The awkward phrase is already plastered across the flagship carrier Garuda Indonesia’s A330 planes — which were inaugurated by the tourism minister Jero Wacik last week — and appears on websites and in a TV advertisement.


percaya?? tapi katanya sih udah dibenerin..

akhirnya gua bisa melihat bahwa pariwisata Indonesia memang sedang dipromosikan. hehe.. walaupun gak bisa gua pungkiri bahwa tagline sejenis sudah digunakan oleh salah satu negara tetangga kita.. bahkan juga konsepnya juga mirip.. (visit malaysia : celebrating 50 years of nationhood). bagi yang mau ribut tentang itu, silakan.. it’s freedom of speech. tapi yang pasti, apapun itu, mari kita dukung kampanye pariwisata Indonesia ini!

btw, ada yang unik dari iklan tersebut.. it’s 100% in English (walaupun sempet salah).. hehe.. sekalipun kita nontonnya di TV lokal atau TV nasional..

dan.. jangan sampai gak tau apa arti dari “celebrating 100 years of national awakening” ya.. inget Budi Utomo??? Berdirinya Budi Utomo ditetapkan sebagai hari Kebangkitan Nasional.. 100 tahun Budi Utomo berarti 100 tahun kebangkitan nasional.. jangan lupa!

dan ini dia iklannya:

  • Calvin - engrish rocks! hahahaha.. dah lah, indonesia gt. hehe..

    Grace - oh, di malay heboh? apa sengaja ditargetin di malay buat pembalasan? hahaha.. tapi emang di sini biasaaaa bgt semuanya.. emang sih bsok ada acara-acara di beberapa tempat di Indonesia.. tp tetep aja kurang gimanaaaa gt. hehe..

  • woalahh….
    ini nih yang saya heran!
    di sini(malay), kampanye nya oke lahh..tapi begitu kemaren saya balik ke indo, kok malah gada apa2nya..
    gada gembar-gembornya acan…
    kenapa ya?
    isnt it just too,,pathetic?

    btw, salam kenal.. :smile:

  • Pingback: Are you celebrating the day? - jubel and the unessentials()

  • hmm gw jadi dalam keadaan dilema. perlu dikoreksi ngga ya gramarnya? siapa tahu kalau ga dikoreksi, akan menjadi meme di internet, dan bakal bikin nama Indonesia jadi terkenal karena iklan yang engrish :mrgreen:

  • yup.. setuju banget gua ama lo, christin.. kalo gak gini gak bakal maju2 pariwisata indonesia.. hehehe.. oh iya ada acara di belanda? keren bgt!! hehe.. semoga gak sekedar ‘acara’ saja.

  • Pingback: haruskah kita sok inggris? Cx: CiWalk Extention? Extension?. jubel and the unessentials.()

  • sudah sepantasnya pariwisata indonesia dipromosikan. tentunya dengan kesadaran kita sendiri untuk memelihara apa yang ada di sekitar kita. biar pariwisata indonesia bs dibanggakan di luar negeri. biar orang indonesia di luar negeri juga bangga sama negaranya sendiri. hehehe… jijay gini sih bahasanya..

    oh iya… hari kebangkitan nasional… pergerakan mahasiswa dimulai dari perhimpunan mahasiswa di belanda lhooooo… disini sih ada acara2 gitu jg (kabarnya). semoga gak sekedar acara, tapi mengingat esensinya juga, biar ada spirit yang dibangun kembali. nah loh, jijay lagi kan. hehehe…